Cara membongkar kontaktor pertama kali adalah mencari baut yang mengunci casing dari kontaktor tersebut, nantinya bagian kontaktor akan terbagi dua menjadi seperti berikut:

membongkar kontaktor

Bagian sebelah kanan merupakan bagian depan pada kontaktor, sedangkan bagian kiri merupakan bagian belakang kontaktor. Saat anda menekan push button dan melepaskannya maka push button akan kembali seperti semula, hal ini disebabkan adanya per atau pegas di dalam kontaktor.

Related Post: Cara Kerja Kontaktor

isi kontaktorDi masing-masing bagian terdapat besi, yang di bagian belakang besinya di pasang coil, sedangkan besi bagian depan terhubung dengan push button dan pegas.

membongkar kontaktorGambar di atas adalah gambar kontaktor bagian belakang, terlihat bahwa besi dikelilingi oleh coil, dan anda juga dapat melihat A1 dan A2 pada kontaktor (lihat dua baut sebelah kanan)

membongkar kontaktor

Saat Coil Di Lepas

membongkar kontaktor

Coil

Sekarang kita beralih ke bagian depan kontaktor. membongkar kontaktorKontaktor ini merupakan kontaktor normally open. Untuk membuktikan dapat menggunakan dengan multimeter. Untuk membunyikan (tanda bahwa rangkaian tertutup) anda harus menekan push button (kecuali normally close). Untuk melepas casing yang berwarna putih, lepaskan bagian atas dan bawah, lalu lepaskan bagian yang tengah.

cara membongkar kontaktor

membongkar kontaktor

Bagian Depan Yang Sudah Di Lepas

push button kontaktor

Gambar di atas merupakan isi dari bagian depan kontaktor, anda dapat melihat bahwa push button tidak menyentuk platina bawah. Untuk membongkar tiap terminal dengan memasukan obeng kedalam lubang terminal dan memberikan gaya ke luar.

membongkar kontaktor

membongkar kontaktormembongkar kontaktor