Full load ampere (FLA) atau arus nominal adalah banyaknya jumlah maksimum arus normal yang dapat diterima oleh sebuah motor, informasi FLA dapat diketahui di nameplate yang dipasang di motor. Penulisan yang ada di nameplate motor pun berbeda-beda, ada pabrikan yang menulis amps, fla, ampere, dan sebagainya. Mudah saja, cari saja yang satuannya ampere atau semakin lama nantinya anda akan terbiasa mencari mana yang FLA.

Contoh nameplate 50 HP berikut ini:

tatung nameplate 50 hp

Ditulis di sana, amps 69.3 / 39.9. Maksudnya nilai arus maksimumnya adalah 69.3 A pada tegangan 380 volts. Sedangkan untuk tegangan 660 volts, arus maksimumnya adalah 39.9 A.

Apakah arus boleh melebihi nilai ampere yang ada di nameplate?

Boleh. Hal ini terjadi saat starting motor dan hal ini merupakan gejala normal karena terjadi hanya sepersekian detik (tidak lama). Sedangkan pemakaian arus yang melebihi nameplate dalam waktu lama sangat tidak dianjurkan karena akan merusak motor.

Jika melebihi biasanya itupun merupakan toleransi yang diberikan oleh pabrikan motor tersebut dan angkanya tidak akan jauh-jauh dari yang tertera di nameplate motor. Tetapi alangkah baiknya pemakaian motor dibawah nilai FLA yang ada di nameplate.

Apa Kegunaan Mengetahui Nilai FLA?

1. Mengetahui besar circuit breaker yang digunakan. Hal ini bertujuan untuk melindungi atau proteksi sistem tenaga listrik.

2. Mengetahui beban maksimum yang dapat dicapai oleh motor.

3. Memelihara motor agar dapat awet dan tahan lama.