Tags

Thermal Overload adalah alat yang biasanya digunakan untuk memproteksi motor, sebetulnya sama saja seperti halnya MCB yang dipasang di rumah. Pernah tidak saat asik nonton televisi, mama sedang nyetrika, adik sedang masak di rice cooker tiba-tiba saja listrik ngetrip (kejepret) padahal tidak menyalakan apa-apa lagi? Hal itu disebabkan MCB sudah melewati arus yang diperbolehkan.

Kenapa tidak langsung ngetrip? karena MCB memberikan batas ambang wajar. Jadi kalo di rumah anda MCBnya 6 A. Bisa dipake 6.1 A dalam batas waktu sekian detik/menit. Lebih jelasnya anda bisa melihat tripping curve dari MCB tersebut.

Kembali ke Thermal Overload (TOR) yang fungsinya kembar dengan MCB. Bedanya TOR tidak mempunyai switch on/off.

***

foto thermal overload

Thermal Overload

foto thermal overlaod tampak samping

Contoh foto thermal overload dapat anda lihat diatas.

aplikasi thermal overloadContoh aplikasi thermal overload pada starting star delta. TOR paling kiri merupakan TOR untuk melindungi motor fan. Pada intinya TOR digunakan untuk memproteksi motor dari arus lebih.

Berapa setting TOR yang diperbolehkan?

Hal ini tergantung. Schneider membaginya sebagai berikut:

tabel thermal overload

Namun, ada bagian menarik dari sisi sitem proteksi. Bahwa, sistem proteksi itu adalah seni. Ada teknisi yang menset TOR 1 * FLA motor. Ada yang memberikan toleransi 105% – 115%, bahkan ada yang dibawah dari FLA dan sebagainya. Ya.. anda mau proteksi TOR sesuai FLA, atau lebih itu tergantung dari anda, karena toleransi FLA motor berbeda-beda.

***

Sekitar 2 hari yang lalu saya menyalakan motor 15 HP / 11 KW dengan arus nominal 21.8 A pada nameplate. Arus beban penuh yang terjadi hanya 20 A. Saya iseng menyeting TOR di nilai 17 A. Butuh 30 menit lebih agar TOR ngetrip. Dengan perbedaan 3 A arus lebih, butuh waktu 30 menitan.

Bayangkan jika saya setting TOR di 21.8 A. Bisa-bisa arus yang masuk ke motor malah overload, dan TOR ngetripnya lama. Padahal service factor si motor hanya 1. Untuk itu, studi kasus di atas saya dapat menyetting TOR dibawah 21 A (penyetingan di bawah FLA).

Untuk melihat arus, service factor sebuah motor biasanya tersedia di nameplate motor tersebut. Berikut foto isi ‘jeroan’ dari thermal overload.

apa itu thermal overload

apa itu thermal overload lempeng