Tags

,

Direct On Line (DOL) Starter adalah starter motor dimana listrik langsung masuk ke dalam motor. Direct on line diartikan ke dalam Bahasa Indonesia ‘langsung ke jalur’. Jadi tanpa ada embel-embel lainnya, listrik akan langsung masuk ke dalam motor secara penuh.

Pemakaian DOL biasanya dibantu oleh sebuah kontaktor dan sebuah thermal overload. (Oleh sebab itu ada sebagian orang yang menyebutnya DOL Magnetic Kontaktor)

  • Kontaktor berfungsi sebagai pemutus dan penyambung arus otomatis.
  • Thermal Overload berfungsi sebagai proteksi (pengaman) motor.

DOL Magnetic Starter

DOL Magnetic Kontaktor

DOL Koil Kontaktor

DOL Thermal Overload

DOL Wiring Diagrams

Gambar diatas adalah gambar DOL Magnetic Starter HU-11K milik TECO.

***

Cara Kerja DOL Magnetic Starter

Sebetulnya tidak ada hal baru jika anda tau bagaimana kontaktor bekerja dan thermal overload. Berikut ini saya akan gambarkan bagaimana skema dari aplikasi DOL Magnetic Starter.

DOL Contoh Aplikasi

Jika anda kebingungan saya sangat menyarankan untuk mengerti terlebih dahulu cara kerja kontaktor dan thermal overload. Saya tidak menggambar secara merinci apa-apa yang ada di kontaktor dan thermal overload. Pelajari juga Normally Close dan Normally Open, karena di DOL, NC dan NO merupakan proteksi untuk motor.

Kontrol di atas dapat diganti dengan alat yang anda butuhkan, seperti saklar push button, pressure switch, atau yang lainnya.