Tags

,

Star Motor Starter adalah salah satu starter yang sering dijumpai untuk menstart sebuah motor. Untuk memulai memahami star starter berikut konfigurasi star starter pada terminal box motor 3 fasa: terminal box motor star starter Anda bisa lihat jumper tembaga dibuat sejajar dibagian atasnya. Jika foto di atas saya sederhakan lewat gambar, maka hasilnya seperti ini: konfigurasi star starter terminal box starter star Saya gambar lingkaran ada dua, memang jumpernya ada dua. Jika gambar diatas saya terjemahkan ke dalam wiring, hasilnya: konfigurasi star starter netral

***

Arus dan Tegangan Pada Star Starter Pada star starter arus sumber yang masuk sama dengan arus yang masuk ke motor, sedangkan tegangan sumber dikali akar 3 dari tegangan motor.

tegangan dan arus pada star stareter

Pada gambar diatas anda dapat melihat bahwa antar fasa menghasilkan nilai v3 x 220 = 380 volt, sedangkan antar fasa dan netral menghasilkan 220volt. Sedangkan nilai arus adalah sama. Agar lebih mudah, anda cukup mengingat bahwa arus pada rangkaian seri adalah sama.

***

Biasanya nameplate motor memberikan informasi starting apakah yang dibutuhkan oleh motor tersebut.