Tags

,

Bagi sebagian orang membaca sekali tidak menghilangkan pertanyaan, ada orang yang harus dijelaskan dengan beberapa macam kalimat yang berbeda dan gambar yang berbeda, walaupun intinya sama.

Saya ingin mengulas perbedaan antara starter DOL dengan starter STAR DELTA. Sebelumnya saya menuliskannya secara terpisah, jadi tidak dalam satu frame post yang sama. Kali ini saya berikan pembahasan dalam satu frame post yang sama, semoga lebih mudah untuk dipahami.

Sebelumnya anda bisa membaca penjelasan saya tentang starter DOL dan star delta sebagai dasar acuan.

motor induksiFoto diatas adalah foto motor induksi. Untuk menjalankannya bisa dengan langsung (DOL – Direct On Line) atau dengan menggunakan 3 buah kontaktor (Star Delta).

Penjelasan Sederhana

Sederhananya starter DOL adalah starter dimana anda langsung menghubungkan motor ke sumber listrik, persis saat anda memasang peralatan listrik di rumah anda. Tanpa ada embel-embel apapun ujung kabel (steker/colokan) langsung terhubung ke sumber listrik.

Sedangkan starter star delta mempunyai 3 buah kontaktor sebelum terhubung ke sumber listrik.

Perbedaan Material

Sumber listrik, kabel dan motor itu sendiri dibutuhkan oleh keduanya, baik DOL maupun star delta. Namun, pada DOL tidak dibutuhkan tambahan apapun. Sedangkan star delta membutuhkan tambahan, yakni 3 buah kontaktor.

Cara Mengetahui Starting Motor dari Terminal Box Motor

Jika anda punya motor induksi 3 fasa bekas dan tidak terkonek ke manapun. Anda masih bisa mengetahui jenis starting apa yang sebelumnya digunakan untuk motor tersebut berdasarkan winding motor yang ada di dalam terminal box.

Anda cukup membuka terminal box dan anda akan melihat konfigurasi winding motor pada terminal box. Ada 3 jenis yang selama ini saya ketahui:

1. Delta Starter (termasuk ke dalam DOL)

delta starter

Jika anda melihat konfigurasi di atas dengan lempeng besi tersambung antar winding, maka dapat dipastikan itu adalah delta starter.

2. Star Starter (termasuk ke dalam DOL)

star starterAnggap kabel tidak ada. Yang ada hanyalah lempeng besi yang memberikan konfigurasi di atas yang membentuk titik netral untuk konfigurasi star starter.

3. Star Delta Starter

Dan.. jika anda tidak menemukan lempeng besi yang terhubung antar winding bisa dipastikan itu adalah star delta starter.

Namun, metode diatas bisa error. Jika ada orang yang melepas besi yang menghubungkan antar winding motor. Metode diatas saya sarankan sebagai referensi, untuk pastinya anda dapat melihat nameplate motor tersebut atau teknisi yang bersangkutan.

Arus Start (Inrush Current)

Pengalaman saya untuk DOL starter bisa 7-8 kali arus nominal yang tertera pada nameplate motor, sedangkan untuk star delta dapat 3-5 kali arus nominal yang tertera pada nameplate motor.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan dari star delta adalah arus start yang masuk kecil, dan ini akan mengurangi cost listrik dan motor yang lebih awet. Sedangkan kekurangannya adalah pembelian 3 buah kontaktor.

Sedangkan untuk DOL kekurangannya adalah arus start yang besar, dan kelebihannya adalah lebih praktis karena tidak membutuhkan kontaktor tambahan. Namun, yang menjadi pertanyaan bagaimana jika DOL memakai konfigurasi star? Apakah kelemahan ini berlaku untuk DOL?