Tags

kabel

kabel

Kamu pernah bertanya ga kenapa kabel charger handphone, kabel televisi dan kabel-kabel yang menjulur dari tiang ke tiang di deket rumah kamu mempunyai ukuran yang berbeda-beda?

Besar kecilnya sebuah kabel tergantung dari arus yang dilaluinya yang diukur dengan satuan Ampere (A). Jika Ampere besar maka kebutuhkan kabel juga besar.

Saya kasih contoh di dalam rumah kamu yang mempunyai tegangan listrik 220 Volt. Kabel televisi biasanya mempunyai ukuran yang lebih besar daripada kabel charger handphone. Hal ini disebabkan beban yang berbeda. Arus listrik yang mengalir ke dalam televisi lebih besar ketimbang arus listrik yang mengalir ke charger handphone.

Misalkan sebuah beban (contoh: televisi) membutuhkan arus listrik sebesar 1A untuk dapat menyala, maka kamu harus menemukan kabel yang dapat dialiri arus listrik 1A dan 220Volt. Misalkan kamu dapet ukuran 6mm2.

Semakin besar nilai Amperenya, semakin besar pula ukuran kabelnya. Misalkan saya ganti televisinya butuh 5A, jadi kamu butuh kabel yang dapat dialiri arus listrik 5A dan 220Volt. Dan pastinya kamu akan menemukan kabel yang lebih besar dari 6mm2. Misal 10mm2.