Tags

,

Saya ingin memberikan contoh sederhana mengenai normally open dan normally close. Sila merujuk pada tautan tentang definisi normally open dan normally close agar lebih mudah memahami materi ini.

keadaan normally

Keadaan Normally

Keadaan normally dimana keadaan sebuat device listrik dalam keadaan off. Dari foto diatas, anda akan menemukan 2 buah NO dan 2 buah NC. Dikarenakan foto yang saya kompres, dan bagian kirinya tidak terlalu terlihat, mari lihat yang sebelah kanan. Dari sana kita dapat melihat pin nomor berapa saja yang NO dan NC.

no dan nc

Keadaan Normally

Kita akan mendapatkan hasil seperti di atas. Lalu bagaimana jika kita on-kan device tersebut. Mari sama-sama kita naikan switch ke on.

tidak normally

Keadaan Tidak Normally

Setelah di on-kan. Keadaan normally akan berubah menjadi keadaan tidak normally. Ini menjadikan yang tadinya NC jadi Open, dan NO jadi Close. Berikut perubahannya.

open dan close symbol

Keadaan Tidak Normally

Sehingga arus listrik tidak akan mengali dari pin 31 ke pin 32 saat keadaat tidak normally atau ON. Semoga materi ini mencerahkan untuk anda yang bingung dengan normally open dan normally close, karena NO dan NC dipakai untuk power atau pun non power. Power seperti penggunaan auxiliary seperti contoh di atas, sedangkan non power untuk relay yang terdapat pada PLC.