Tags

Penambahan beban pada ETAP mirip dengan motor. Di dalam ETAP ada dua jenis beban, yaitu static dan lump. Saat ini saya bahas yang static, kalo mau tau maksud dari static dan lump, silahkan liat post sebelumnya.

Beban di ETAP dapat dianggap sebagai rumah anda sendiri, jadi generator menyuplai listrik ke rumah anda. Saya hanya beri contoh satu, anda bisa menambah beban sesuai dengan kemauan anda.

Siapkan Single Line Diagram dari tutorial sebelumnya.

1. Masukan icon ‘static load’ dan sambungkan dengan busbar 0.4 kv.

2.  Click iconnya, lalu ke tab loading. Anda akan lihat bahwa rating kV sudah terisi secara otomatis mengikuti nilai busbar.

3. Click calculator.

power calculatorIngat dengan apa itu daya aktif, daya reaktif, dan daya semu/nyata ?Inilah calculatornya. Jadi, anda tinggal masukan saja sebuah nilai, dan biarkan ETAP yang berhitung.

Saya simulasi dengan daya yang di sediakan untuk perumahan oleh PLN. Saya pakai yang 2.200 VA. Jadi, saya masukan daya nyata (VA) sebesar 2.200 VA dengan power factor 100%. Sehingga, nilai daya aktif (Watt) sama dengan VA, yakni 2.200 Watt. Dengan tegangan 400 Volt.

Jika anda merubah nilai power factornya. Maka nilai daya reaktif (var) juga akan berubah. Menarik bukan? Coba cocokan dengan hitungan manual anda.

4. Click Substitute lalu click OK. Dan jalankan simulasi. Pilih displaynya untuk memunculkan nilai ampernya.

static load etapAmpernya muncul 3.2 A. Sesuai dengan nilai yang ada di calculator (3.175 A)

Bagaimana dengan ukuran kabelnya? Untuk sizing kabelnya sama dengan sizing kabel motor. Nantinya anda akan menemukan hasil 6 mm2. Panjang kabel masukan 50 meter.

Silahkan bereksperimen.