Tags

Fungsi SCADA adalah mengumpulkan data yang ada di lapangan dan dapat juga untuk mengontrol alat yang ada di lapangan.

SCADA (Supervisory Control And Data Acquisition). Terjemahan bahasa Indonesianya apa?

Bagi yang belum pernah terjun ke lapangan, tentu merasa kesulitan memahami apa itu SCADA. Sebuah alat kontrol atau pusat data atau apa sebetulnya?

Tau Software Design? Sebutin coba? Microsoft Paint, yang lain ada Photoshop, Corel Draw dan lain-lain. Apa si fungsi software design? Ya, untuk edit foto, untuk membuat gambar. Tentunya kemampuan masing-masing software berbeda-beda.

Sekarang, tau SCADA? Sebutin coba? Indusoft, WinCC, Citech, Intouch Wonderware dan lain-lain. Apa fungsi SCADA? SCADA berfungsi untuk mengontrol dan mengoleksi data plan (pabrik) sehingga dapat melihat keadaan plan (pabrik) tanpa harus berada di dalam pabrik.

Sekarang, punya gambaran bahwa SCADA = Software Design. Merek-mereknya yang saya garis bawahin di atas. ‘=’ diatas bukan berarti sama yaa. Maksudnya hanya setara jenisnya. Seperti software design(Corel, Ms Paint) dengan software menulis (notepad, Ms. Word). Ngerti ya..

Sama seperti Software Design. SCADA juga harus diinstall di OS Microsoft Windows, pokoknya sama. Ga usah pusing-pusing, bayangin aja SCADA = Software Design. Persamaan pertama, harus diinstall di OS Microsoft Windows, dan yang kedua mereknya bermacam-macam.

SCADA Software Design
WinCC Ms. Paint
Indusoft Photoshop
Intouch Wonderware Corel Draw
Citech GIMP
dan lain lain dan lain lain

SCADA itu jadi komputer ya?

Yup, bayangin ada komputer biasa. Lalu, di install software SCADA mereknya WinCC. Nah, orang-orang praktisi akan menyebut komputer tersebut bukan komputer lagi melainkan SCADA atau komputer SCADA.

Berikut pertanyaan-pertanyaan yang sering terlontar di lapangan

SCADAnya ada di control room kan?

SCADAnya ada di mana?

Katanya SCADAnya bermasalah, ga cocok sama data di lapangan?

Jadi, kalo di lihat dari pertanyaan di atas, SCADA itu merujuk kepada komputer yang sudah di install oleh software yang dapat melihat keadaan pabrik dan mengontrolnya.

Fungsi SCADA

Nah, fungsinya si SCADA ini adalah mengumpulkan data yang ada di lapangan dan dapat juga untuk mengontrol alat yang ada di lapangan.

Contoh data yang dikumpulkan dan ditampilan di SCADA:
1. Temperature sebuah ruangan
2. Pressure sebuah tangki
3. Flow Rate dari sebuah fluida
4. Level sebuah tangki

Contoh alat yang dapat di kontrol oleh SCADA:
1. Circuit Breaker on/off
2. Motor on/off

Lokasi SCADA dalam sebuah pabrik?

SCADA biasanya diletakan di dalam sebuah control room. Disebut control room karena di dalamnya ada alat control seperti SCADA.

Contoh SCADA

contoh scadaDari gambar di atas ada kompresor udara dan sebuah tangki. Dari sana dapat diketahui kompresor lagi on atau off dan berapa pressure (tekanan) tangki tanpa harus melihat langsung ke lapangan.

Berikut Pertanyaan-Pertanyaan Umum untuk para Freshgraduate Tentang SCADA

T: Kamu bisa SCADA?

J: SCADA apa dulu, kan SCADA banyak.

* Saya selipkan pertanyaan software design biar lebih paham.

T: Kamu bisa software design?

J: Software design apa dulu, software design kan banyak.

T: Kamu paham apa itu SCADA?

J: Menurut saya, SCADA bisa melihat data di lapangan seperti temperature, pressure, flow rate, keadaan on/off sebuah instrument dan lain-lain. SCADA juga dapat mengontrol sebuah motor, open atau close sebuah circuit breaker.

T: Kamu bisa operasiin SCADA? (ini pertanyaan untuk operator)

J: (Kamu harus jawab begini). Selama saya diberi tahu dan diajarkan saya bisa pak. (Jawaban klasik memang, tapi operasiin SCADA gampang banget. ). *sebetulnya kerjaan ga ada yang susah si kalo diajarin mah. hehe..

Tulisan di atas hanya membahas SCADA secara umum. Ada komunikasi yang belum dibahas, dan topografi jaringan bagaimana si SCADA bisa membaca data dari lapangan.

Burung Irian. Burung Cendrawasih.

Cukup sekian dan terimakasih.