Tags

,

Software CX One v 9.31 dan CX Server v 4.5

1. Siapkan program

2. Setting IO Table and Unit Setup

  • Setting CPU dan sesuaikan main rack dengan PLC Omron yang akan digunakan. (Note: Device Net diatur di CX Integrator). Minimum device yang harus ada adalah CPU, Ethernet Port dan Modul Input dan Output. Tambahan lainnya seperti device net dan antar koneksi bersifat additional.
  • Atur IP Address pada Ethernet Unit (ETN21), IP ini dibutuhkan sebagai koneksi antar PLC dengan komputer. Setelah disetting, pastikan komputer juga di setting ke dalam kelas IP yang sama, sehingga dapat terjalin komunikasi jika keduanya dihubungkan. PLC Omron menggunakan hexa, sebagai IP address yang berbentuk desimal dapat diconvert menggunakan calc ke dalam hexa. Contoh di bawah mempunyai desima 70, sehingga jika dirubah ke hexa menjadi 46. Angka 46 inilah yang harus di set. 16^0 = 6 dan 16^1 = 4.

cara setting omron

  • Setting masing-masing unit PLC sesuai dengan unit yang ada di PLC IO Table.
  • Contoh di bawah menunjukan bahwa PLC yang dipakai hanya menggunakan main rack, tanpa tambahan rak lain.
  • Setelah itu, settingan yang telah dibuat dapat ditransfer ke PLC (Ctrl + T).

cara konfigurasi omron

Catatan: Jika ada modul yang berasal dari device net, maka jaringan tersebut harus di download ke PLC. Jika tidak segala inputan tidak akan terdeksi ke komputer, sekalipun bit di plc aktif. Softwarenya menggunakan CX-Integrator.

Setting CX Integrator

Device net merupakan tambahan dari modul modul OMRON.

Cara setting device net di software CX Integrator.

cx configuration omron1. Klik kanan pada worksheet sebelah kanan, lalu pilih Insert New Network.

cx integrator2. Dalam kasus ini pilih device net. Lalu pilih nama network dan network address. Click Finish.

3. Akan tampil sebuah garis. Lalu click kanan, insert component.

4. DRM21 merupakan communications adapter, sehingga cari di communication adapter dan pilih DRM 21 yang sesuai dengan yang digunakan. Lalu pilih node, dalam kasus ini memakai node 63.

5. Pilih modul-modul device net yang ingin disetting. Setiap modul mempunyai node yang berbeda-beda. Contoh #00, ini menunjukan setting node addresspada modul harus di set ke 0 dan 0. X10 dan X1 merupakan tulisan yang tertera pada PLC.

6. Setelah semua modul di daftarkan, bukan kembali DRM21. Dan register semua komponen modul yang ada.

cx integrator config

cx integrator continue config7. Setelah itu masuk ke dalam mode run, dan upload konfigurasi tersebut ke PLC. Jangan lupa mensetting input range pada masing-masing modul

cx integrator finish config

Trouble Shoot PLC Omron:

  1. IP komputer tidak sama dengan IP PLC.
  2. Modul-modul belum terdaftar atau di download ke PLC.
  3. Perbedaan settingan di program berbeda dengan yang ada di lapangan seperti settingan unit, urutan modul dan jenis modul.
  4. Parity dan bits harus mengikuti settingan nomron, sehingga settingan com pada komputer harus mengikuti settingan pada omron.