Tags

Island mode, sesuai namanya Mode Pulau. Jadi bisa dibayangkan bahwa mode ini seperti pulau tersendiri dan tidak terkoneksi oleh daratan dan dikelilingi oleh lautan.

Dalam hubungannya di dunia listrik. Island mode, merupakan posisi dimana generator tidak terhubung dengan grid, sehingga generator mendapatkan titik netral dari sistem atau plantnya sendiri. (Persis seperti pulau yang berdiri sendiri, jadi island mode adalah saat sumber listrik di sebuah pabrik/plant di supply sendiri oleh power plant yang ada di pabrik tersebut tanpa terhubung atau sinkron oleh grid/PLN.)

Bicara titik netral, titik netral dapat disebut titik referensi. Fungsinya dapat dianalogikan seperti segitiga, titik referensi berada tepat di tengah-tengah, sehingga besar ujung dari segitiga tersebut sama persis. Tanpa adanya titik referensi, besar ujung segitiga akan berbeda-beda. Tentunya sudah diketahui bersama bahwa tegangan yang fluktuasi akan merusak peralatan listrik seperti motor.

Jika sudah terhubung ke grid, maka titik netral yang ada di dalam sistem harus diputus. Garis besarnya adalah titik netral hanya boleh satu. Jika ada dua titik netral maka akan berakibat salah pembacaan oleh circuit breaker saat terjadi earth fault.