Tags

koneksi tanpa upsBiasanya sebuah instalasi listrik seperti pada gambar di atas, yaitu langsung terkoneksinya komputer dengan PLN. Jika PLN ‘mati lampu’, maka komputer akan mati.

koneksi dengan upsBerbeda dengan gambar instalasi sebelumnya, sekarang sebelum masuk ke komputer ada sebuah alat UPS. Jika PLN mati lampu, komputer akan tetap menyala karena UPS mensupply listrik ke dalam komputer sehingga komputer tetap menyala. (Lamanya komputer menyala tergantung kapasitas UPS, -pen).

Penggunaan UPS biasanya digunakan di pabrik untuk mengatisipasi komputer mati, ruangan operasi di rumah sakit, dan tempat-tempat dimana sebuah peralatan listrik tidak boleh mati 1 detik pun.

Apakah sekolah perlu menggunakan UPS? Katakan saja butuh untuk mencegah komputer mati. Tapi tidak membutuhkan UPS dengan harga yang sangat tinggi dan besarnya sebesar lemari.

Jika UPS digunakan untuk semua peralatan listrik sebuah sekolah, itu tidak masuk akal, karena termasuk pemborosan dan tidak efisien. Alat yang lebih tepat digunakan adalah Generator Set (Genset) bukan UPS.

Silahkan lihat gambar.

listrik sekolah PLNIntalasi listrik sekolah pada umumnya dengan menggunakan UPS pada komputer. Apa yang terjadi jika PLN mati? Semuanya akan padam, kecuali komputer-komputer yang terpasang UPS.

listrik sekolah gensetUntuk mengembalikan fungsi peralatan listrik sehingga dapat digunakan kembali, digunakan Genset. Genset akan mensupply listrik ke semua peralatan listrik yang ada di sekolah.

instalasi ups di sekolahBandingkan jika UPS diletakan untuk mengcover seluruh peralatan listrik di sekolah. Jika PLN ‘mati lampu’, apakah peralatan listrik seperti AC, televisi, lampu dan sebagainya tidak boleh mati satu detik pun?

Rangkaian Listrik UPS

rangkaian listrik upsFoto UPS saat tidak terkoneksi sumber listrik (PLN).

rangkaian listrik ups onFoto UPS saat terkoneksi sumber listrik (PLN).