Tags

,

unity pro XLS

modicon m340modicon m340 module

Software yang digunakan Unity Pro XLS untuk konfigurasi PLC Modicon.

konfigurasi plc modicon

Note: Jika tidak mengetahui IP Address dari CPU, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengkoneksi PLC dengan kabel USB.

Konfigurasi PLC

Masukan CPU beserta modulenya sesuai dengan hardware.

Kemudian untuk setting komunikasinya. Pilih Communications-> Network (Klik Kanan, new network). Kemudian setting IP Addressnya sesuai yang diinginkan.

setting IP Address modiconKemudian kembali lagi ke konfigurasi network. Pilih ethernet, lalu assign ethernet yang sudah dibuat tadi.

setting ethernet

Pada menu toolbar, pilih PLC -> set address. Lalu masukan IP Address sesuai settingan yang telah dibuat. Konfigurasi PLC sudah selesai, sekarang PLC sudah terhubung dengan komputer dan dapati di download program.

setting address

set ip addressvariable modiconKonfigurasi SCADA Vijeo Citech

Communications-> Express I/O Device. Kemudian pilih external I/O Device, lalu pilih model Schneider Electric->M340->Modbus/TCP (Ethernet). Masukan IP sesuai denga IP PLC yang telah di konfigurasi (biarkan port bernila 0). Lalu click next sampai finish.

express vijeo citect

express vijeo citect port

tag vijeo citect portKemudian buat graphic sederhana dan tagnya. Kemudian online, dan hasilnya akan terlihat bahwa PLC sudah terkonek dengan SCADA.

Catatan : Untuk alamatnya hanya bisa menggunakan %M, dan tidak dapat menggunakan I ataupun Q.