IoT (Internet of Things) adalah sebuah konsep dimana semua alat elektronik akan terhubung ke internet, sehingga manusia dapat melakukan akses data, monitor atau control terhadap alat elektronik tersebut dari manapun. Metode aplikasi untuk melakukan hal tersebut bervariasi : web server, aplikasi desktop, atau mobile app.

Alat Elektronik yang dimaksud adalah seperti sensor, audio mobil, handphone, lampu rumah, pintu otomatis, camera CCTV. Lebih sederhananya yaitu semua alat yang dapat menghantarkan arus listrik.

Contoh

Contohnya sebuah rumah yang mempunyai camera CCTV dapat terhubung ke internet. Contoh lainnya, Suhu, kelembaban udara, lampu, monitoring AC, televisi semuanya dapat terhubung ke internet supaya dapat dikontrol dan dimonitor statusnya.

Cara ini dapat menggunakan PLC, DCS atau micro controller seperti Arduino, atau nantinya dimasa depan semua alat ini sudah mempunyai koneksi Wi-Fi, Ethernet Cable, Bluetooth atau jenis komunikasi lainnnya. Sehingga semuanya dapat terkoneksi dalam satu server/aplikasi.

IoT dapat Dibuat Sendiri

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa suhu, kelembaban udara, nyala/mati lampu dapat dikontrol oleh Arduino. Dan Arduino dapat tersambung ke Internet, sehingga semua alat dapat dimonitor.

Beberapa cabang ilmu yang perlu diketahui agar dapat membuat IoT:

  • Elektro
  1. Pemahaman Tentang Arduino
  2. Pemahaman Tentang Sensor
  3. Pemahaman Tentang Listrik AC / DC
  • Jaringan
  1. Pemahaman Tentang Router, IP dan Subnet Mask (Khususnya Port Forwading).
  2. Ethernet dan Wi-Fi
  • Aplikasi, Arduino dapat terhubung dengan ketiga metode dibawah ini:
  1. Web Server, contohnya Node.Js dengan transfer UDP
  2. Desktop App, bisa menggunakan bahasa pemograman seperti VB
  3. Mobile App, membuat aplikasi di Android atau iOS.

Jika dirumah berlangganan internet seperti First Media dan mempunyai router, pelajaran tentang port forwading dapat dipraktekan. Jadikan router dapat diakses oleh siapapun di dunia ini dengan port forwading.

Sudah familiar dengan port forwading, maka tahap selanjutnya akan terasa mudah.