Kebakaran (api) dapat terjadi jika memenuhi 3 element dibawah ini. Tanpa salah satu element di bawah api tidak akan terbentuk, biasanya disebut dengan segitiga api:

  1. Oksigen
  2. Bahan / benda yang mudah terbakar
  3. Suhu Panas

Contoh Korek Api

Saat menyalakan sebuah korek api? 3 Element di atas sudah ada. Oksigen ada. Bahan mudah terbakar (ujung korek api). Suhu Panas terbentuk antara gesekan yang dibuat antara korek dengan bungkusnya.


Pernahkah saat menyolokan alat listrik ke stop kontak / colokan / extension terlihat adanya api kecil? Ada satu hal yang menyebabkan tidak terjadinya kebakaran, yaitu bahan yang mudah terbakar tidak ada.

Arus Hubung Pendek

Pada normalnya, jika kabel line (power) dan netral bertemu, akan terjadi lonjakan arus berlebih dan akan menyebabkan circuit breaker turun. Pada saat yang sama akan terjadi spark (percik api) di titik temu kabel antara kabel line dan netral. Namun, tidak akan terjadi kebakaran jika tidak ada bahan yang mudah terbakar.

Perlu diketahui bahwa spark mempunyai suhu yang sangat tinggi.

Terminal T / Colokan / Extension

Disini biasanya letak permasalahan terjadinya kebakaran. Terminal listrik yang dicampur untuk keperluan alat elektronik yang besar seperti televisi, mesin cuci, heater dalam jangka waktu lama.

Kabel, bahan, tembaga yang berada di dalam terminal tidak cukup baik untuk menahan panas arus listrik, sehingga bahan tersebut menjadi panas dan mudah terbakar, ini biasanya disebut dengan self acting.

Tips Menggunakan Terminal

  1. Pakai Kabel dan Bahan Terminal yang berkualitas yang sudah tinggal pakai.
  2. Jika ingin merakit sendiri sebaiknya menggunakan kabel tunggal dan cukup besar 0.75mm2-1.5 mm2, jika memakai kabel serabut, pastikan tidak digunakan untuk konsumsi alat elektronik yang besar.
  3. Pastikan tembaga kabel dibaut dengan baik, bukan kulit kabel yang dibaut.

Kesimpulan

Arus Hubung Pendek listrik tidak akan menyebabkan kebakaran kecuali jika ada bahan yang mudah terbakar (seperti terminal yang panas). Biasanya terjadinya kebakaran karena instalasi yang asal-asalan pada terminal. Penggunaan terminal atau extension dianggap aman jika sudah memenuhi standard.