Pernah liat di P&ID kenapa ada valve yang NO dan NC? Apa si fungsinya ada valve NO dan NC?

Pertama, kita harus tau apa itu NC dan NO.

NC atau normally close, adalah keadaan dimana sebuah valve tertutup dalam keadaan normal atau plant tidak sedang berjalan. Begitupun sebaliknya, NO atau normally open, adalah keadaan dimana sebuah valve terbuka dalam keadaan normal.

Contoh sebuah valve untuk supply steam harus NC. Jadi, saat dibutuhkan oleh sebuah sistem, maka valve tersebut akan terbuka sehingga steam mengalir. Bagaimana jika terjadi emergency? Tentunya valve harus tertutup, sehingga aliran steam berhenti. Nah, disinilah fungsinya NC, coba bayangkan valve steam dipakai NO? Saat terjadi emergency, valve malah terbuka, dan membahayakan sistem karena aliran steam tetap mengalir.

Contoh lain lagi, jika sebuah tangki mempunyai valve venting, dan tangki tersebut mempunyai sistem untuk pressurized, maka valve tersebut harus NO. Mengapa? Ya, disaat sistem emergency maka valve akan terbuka. Bayangkan jika dipasang NC. Jika tangki tersebut bertekanan, maka akan membahayakan sistem ataupun operator yang akan membuka tangki tersebut.

Advertisements